Selasa, 25 September 2012

BERBAGAI MASALAH DALAM LINGKUNGAN


SAMPAH
Sampah adalah isu yang berkembang di mana-mana. Beberapa negara memecahkan masalah sampah mereka dengan pengiriman ke tempat lain. Negara-negara lain yang datang dengan cara-cara kreatif untuk mengurangi berapa banyak mereka menciptakan sesuatu yang bisa mengurangi kadar sampah pada negara mereka.
            Banyak orang lupa tentang sampah, masalah atau bahaya yang di timbulkan oleh sampah yang menumpuk.Terkadang manusia menganggap remeh akan keadaan sampah yang menumpuk di sekitar lingkungannya.Banyak anggapan bahwa sampah tidak akan menimbulkan masalah yang serius bagi kehidupan sehari-harinya.Munculnya anggapan tersebut membuat manusia tidak peduli lagi dengan lingkungannya.
Di seluruh dunia, orang menggunakan sekitar satu juta kantong plastik,tempat minuman botol dan masih banyak lagi setiap menitnya. Tetapi bekas bekas yang digunakan mereka di tempatkan atau dibuang begitu saja tanpa ada inisiatif yang baik untuk membuang ketempat yang seharusnya atau bahkan mengolahnya supaya dapat bermanfaat. hewan laut. Hal tersebut dapat kita lihat di banyak negara,salh stunya adalah negara kita ini.Masih banyak orang-orang di negara kita ini yang tidak sadar akan bahaya yang mereka buat dengan melakukan hal seperti itu.
Buangah sampah pada tempat seharusnya atau pada tempat sampah yang disediakan”, merupakan kalimat sederhana yan gsering kita baca dan dengar. Hal ini dapat memudahkan pengelolaan sampah sehingga sampa tidak hanya bersifat “dibuang” atau “ditumpuk” tetapi juga dapat didaur ulang. Terlebih lagi jika kita membuang sampah berdasarkan jenis sampahnya, yaitu sampah organik, sampah kertas, sampah non daur ulang (misalnya baterai, ata sejenisnya), dan sampah daur ulang (kaleng, botol, dan plastik)
Jika  digambarkan potensi timbunan sampah per hari di beberapa kota besar di Indonesia sangatlah banayak. Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk di suatu kota, kemungkinan timbunan sampah akan semakin meningkat per harinya dapatkah kita bayangkan akibatnya? Akankah bumi kita dipenuhi oleh timbunan sampah?
Volum sampah yang meningkat dan tidak segera di kelolah akan berdampak buruk terhadap lingkungan dan kehidupan masyarakat. Tidak salahnya jika kita mulai membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya dan juga memilah berdasarkan jenis sampah. Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi permasalahan sampah.
1. Membuang sampah pada tempatnya dimanapun kita berada, baik di rumah, sekolah, maupun di lingkungan sekitar. Jika tempat sampah tidak ada, bersedia untuk menyimpan sejenak sampai menemukan tempat sampah terdekat
2. Memilah sampah sesuai dengan kategorinya, misalnya sampah kering dan sampah basah (sampah organik dan sampa anorganik), sampah yang bisa didaur ulang dan sampah yang tidak bisa di daur ulang dan sebagainya.
3. Mengurangi pemakaian plastik atau pembelian barang berbahan plastik. Hal ini disebabkan karena plastik sulit diurai. Selain itu, proses pembuatan plastik menghasilkan polusi udara yang cukup tinggi .
            Dengan kegiatan kegiatan tersebut kemungkinan besar duniakita ini,khususnya negara kita tercinta ini akan bersih dan jauh dari berbagai macam hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar